BONEKU.COM–Kinerja Kadis Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Bone, H. Andi Asman Sulaiman  perlu diacungi jempol. Semenjak menjadi orang nomor satu di dinas tersebut, telah melakukan berbagai terobosan demi meningkatkan hasil pertanian di Kabupaten Bone.
Bahkan kini, telah merehab 12 kantor
Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Bone. Ini dimaksudkan agar penyuluh memiliki kantor yang layak. Penyuluh merupakan kunci sukses petani.
Semenjak Kadis TPHP Bone, H. Andi Asman Sulaiman menahkodai dinas tersebut, berbagai terobosan telah dilakukan. Seperti memacu petani untuk terus melakukan inovasi. Pola pikir petani harus selalu diupgrade, karena mereka adalah pelaku utama pembangunan pertanian.
Petani juga butuh pendampingan. Tentu kehadiran penyuluh sangat diharapkan. Penting kehadirannya agar petani bisa merubah pola pikirnya. Untuk perubahan pola pikir petani tersebut te tunya butuh pendampingan dari penyuluh pertanian dan stake holder pertanian lainnya. 
Namun demikian, kehadiran penyuluh juga harus ditunjang dengan fasilitas kantor. Para penyuluh ini tentu harus pula ditunjang dengan kantor yang memadai.
Kini diakhir 2023 ini, Kadis Andi Asman telah melakukan  rehab di 12 Kantor BPP. Mulai dari rehab berat maupun ringan.
Kerja keras Adis Mentan Andi Amran Sulaiman ini telah mendapat penghargaan. Yaitu meraih tanda kehormatan presiden Jokowi, yaitu Satya Lencana Wira Karya. Penghargaan ini diserahkan pada pembukaan PENAS Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) XVI 2023 di Kota Padang pada 10 Juni lalu.(*) 
Baca Juga:  Penggiat Literasi Bone Akan Gelar Kolaborasi Ngabuburead & Bookber