BONEKU.COM.BONE,– Warga Desa Kawerang Kecamatan Cina Kabupaten Bone dihebohkan dengan fenomena alam dimana sebuah lubang besar muncul di sawah milik seorang petani bernama Juma.

Informasi yang berhasil dihimpun kejadian tersebut pertama kali dilihat oleh warga setempat pada hari Rabu 3 Januari 2024 sekitar pukul 07:30 wita.

Menurut warga setempat Zainal bahwa diameter lubang tersebut sekitar 1,2 meter dengan kedalaman juga diperkirakan 1 meter, belum diketahui pasti penyebab kejadian tersebut namun sejumlah masyarakat masih bertanya-tanya.

Baca Juga:  Satpol PP Kembali Tertibkan Baliho Yang Melanggar Aturan

“hari rabu pagi ditemukan itu pak, sesaat setelah ditemukan, warga ramai-ramai datang melihatnya,” Kata Zainal kamis, 4 Januari 2024

Lanjut kata dia di lokasi kejadian struktur tanah pada permukaan sawah terlihat cukup keras dan mengalami keretakan, sementara pada luban tersebut terdapat genangan air yang lumayan banyak.

Bibir lubang tersebut jika ditusuk menggunakan kayu mengalami mengalami kelongsoran, bahkan di sebelahnya juga terlihat masih ada retakan tanah yang cukup panjang.

Baca Juga:  Jubir Timnas Anies-Muhaimin Ungkap Dapat Banyak Intimidasi Dari Paslon Lain

“Tadi malam itu memang sempat hujan tapi tidak begitu deras, saat paginya si pemilik sawah hendak menggarap sawahnya tiba-tiba dikagetkan dengan lubang tersebut, Tambahnya

Menurut informasi yang berhasil dihimpun boneku.com bahwa fenomena alam tanah mendadak berlubang itu sudah sering terjadi di beberapa daerah, bahkan banyak ditemukan lubang raksasa, lubang yang terjadi pada tanah disebut sebagai sinkhole.

Biasanya Sinkhole disebabkan oleh 2 faktor, yakni pertama faktor alami dan faktor manusia, Faktor alami seperti erosi, drainase air dan tekanan pada permukaan tanah, sedangkan faktor manusia seperti konstruksi dan pertambangan.

Baca Juga:  Mentan RI Kunjungan Kerja ke Kampung Halaman

Sinkhole dapat muncul secara bertahap atau mendadak yang dapat menimbulkan bahaya bagi individu dan juga properti, selain itu sinkhole ini bisa berukuran kecil dan sangat besar. Sinkhole dapat diantisipasi dengan melakukan pemetaan daerah yang rawan sinkhole dan mengambil tindakan pencegahan, seperti pengaturan tata guna lahan dan pengendalian air. (*)