BONE,BONEKU.COM,–  Tim Penjinak Bom (Jibom) Gegana Satuan Brimob Polda Sulawesi Selatan berhasil mengamankan dan memusnahkan Bom jenis Granat nenas yang ditemukan warga di Desa Lattekko Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone Selasa,  21/5/2024.

Tindakan cepat dan profesional dari tim penjinak bom ini telah mencegah potensi bahaya dan meredakan ketegangan di tengah masyarakat setempat.

Penemuan bom tersebut menimbulkan kekhawatiran serius di kalangan warga sekitar. Pasalnya Bom tersebut ditemukan di dekat pemukiman warga setempat dan kuat diduga masih aktif.

Bom granat itu pertama kali ditemukan oleh seorang warga bernama Mansur (27) saat dia hendak membuang sampai di pinggir sungai belakang rumahnya pada Senin Sore kemarin 20/5/2024.

Baca Juga:  Bupati Bone Serahkan Ribuan Dos Bantuan di 4 Kecamatan Bone Utara

Melihat logam yang bentuknya unik tersebut, Mansur kemudian mengambilnya lalu membawanya ke sungai dan membersihkannya dengan cara menyikatnya, karena dia tidak tahu apakah benda itu Bom atau bukan.

“Kemarin saya temukan dan saya liat bentuknya bagus saya lalu bersihkan, kemudian ada yang mengatakan kalau ini Bom granat jadi saya langsung kembalikan ke tempat semula dan melaporkannya ke perangkat Desa,” Kata Mansur saat diwawancarai di TKP

Mendapat laporan dari warga Danyon C Brimob Polda Sulsel Kompol Nur Ichsan langsung memerintahkan pasukannya untuk ke TKP mengamankan area sambil menunggu tim gegana dari Polda Sulsel.

Baca Juga:  2 TPS di Bone Dipastikan Akan PSU

“Bom granat ini diduga peninggalan perang dulu, dan bom tersebut sudah ditangani oleh Tim (Jibom) Brimob Polda Sulsel dan berhasil di Disposal menggunakan alat khusus,” Kata Kompol Nur Ichsan

Dalam operasi pengamanan dan pemusnahan bom tersebut, tim Gegana Sat Brimob Polda Sulawesi Selatan menunjukkan keberanian dan keprofesionalisme yang luar biasa. Mereka dengan cermat dan hati-hati berhasil memusnahkan bom tanpa menimbulkan kerusakan yang lebih besar. Tindakan mereka telah membuktikan dedikasi dan komitmen dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Baca Juga:  Pelaku Pembunuhan Sadis IRT Hj. Dahlia Dituntut Pidana Seumur Hidup

Meski sudah berhasil dijinakkan Tim Gegana Sat Brimob Polda Sulsel akan melanjutkan penyisiran besok pagi di lokasi penemuan bom tersebut  untuk memastikan bahwa area itu sudah benar-benar aman.

Dengan adanya penemuan bom granat nenas tersebut Danyon Ichsan menghimbau kepada masyarakat apabila menemukan suatu barang yang belum jelas apalagi diduga Bom agar segera melapor ke pihak yang berwajib dan jangan coba-coba untuk menyentuhnya apalagi memindahkan barang tersebut. (*)