BONE,BONEKU.COM,– Cuaca buruk melanda Kabupaten Bone, menyebabkan kekacauan di beberapa wilayah Minggu malam, 25/5/2024. Selain sejumlah pohon timbang di beberapa lokasi, Salah satu kejadian yang menonjol adalah puting beliung yang menerbangkan garasi rumah seorang warga Kelurahan Majang Kecamatan Tanete Riattang Barat.

Menurut salah seorang warga perumahan Graha Mulia Majang Andi Amal puting beliung tersebut terjadi sekitar pukul 23:00 wita, saat itu angin kencang terjadi dan disertai hujan deras.

Baca Juga:  Nurdin Abdullah Harap Kontribusi Semua Pihak Selesaikan Persoalan Sampah

“Tadi malam itu terdengar sangat keras angin yang datangnya dari arah timur kemudian menuju barat, saya sempat khawatir karena saya pikir atap rumah saya akan ikut terbang karena sangat ribut terdengar diatas,” Kata Andi Amal, Minggu 26/5/2024.

Lebih jauh dia menjelaskan bahwa puting beliung tersebut terjadi tidak berlangsung lama namun untuk hujan derasnya cukup lama, bahkan hingga pagi tadi masih saja turun hujan meski tidak terlalu deras.

Baca Juga:  Peringati Hari Pendidikan Nasional, Bupati Apresiasi Guru Berprestasi di Bone

“Ada rumahnya tetangga yang atap garasinya terbang padahal bahannya menggunakan baja ringan,” Tambahnya

Mengingat cuaca yang akhir-akhir ini tidak bersahabat penting bagi masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap cuaca ekstrem dan potensi bencana alam lainnya. Peningkatan sistem peringatan dini dan edukasi tentang tindakan yang harus diambil saat cuaca buruk dapat membantu mengurangi risiko dan kerugian yang ditimbulkan oleh bencana alam.

Baca Juga:  PERJALANAN TERJAL

Puting beliung yang menerbangkan atap garasi rumah warga menjadi pengingat akan kekuatan alam yang tidak terduga. Dalam menghadapi cuaca ekstrem, kewaspadaan, persiapan, dan tindakan yang cepat dan tepat sangat penting untuk menjaga keselamatan dan keamanan masyarakat. (*)