BONEKU.COM–Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Ikhlas Ujung Bone Menggelar Halaqah Akhir Tahun Di Hadiri Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta yang merupakan pendiri Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone. 
Turut dihadiri Gubernur Sulawesi Selatan Dr. Bahtiar Baharuddin, Pj. Bupati Bone Drs. H. A. Islamuddin, MH., Kepala OJK Regional Vl Sulawesi, Ambon, Papua (Sulampua) Darwisman, Direktur Unilever serta Forkopimda Bone. 
Kegiatan yang mengangkat tema “menumbuhkan budaya pesantren dalam membangun karakter bangsa” di pusatkan Gedung Serba Guna Al-Ikhlas Ujung, Kecamatan Dua Boccoe, Ahad 24 Desember 2023.
Ada berbagai agenda yang dilaksanakan pada kegiatan tersebut. seperti, pemberian penghargaan bagi santri berprestasi, pementasan seni dan bahasa, peresmian wisma Al-Ikhlas ujung, lounching PSB 2024 serta edukasi keuangan. 
Pada kesempatan itu, Direktur Unilever menyerahkan 2 mobil truk sampah untuk Pesantren Al-Ikhlas Ujung dan Pesantren Assadiyah Sengkang. 
Pj. Bupati Bone mengatakan, atas nama Pemerintah Daerah Bone dan masyarakat Bone, saya mengucapkan selamat atas terlaksananya halaqah akhir tahun ini. semoga kebersamaan kita hari ini mampu menjadi cikal bakal terciptanya karya bagi kemajuan daerah dan masyarakat kabupaten Bone yang kita cintai bersama. 
Lanjutnya, “Halaqah akhir tahun momen yang baik untuk merefleksi perjalanan kita selama setahun, mengevaluasi pencapaian serta memperbaiki diri dalam rangka memulai tahun yang baru dengan semangat yang lebih baik”. 
“Sekali lagi kami ucapkan terimakasih kasih yang sebesar-besarnya kepada yayasan Al-Ikhlas Ujung yang telah memberikan sumbangan sangat besar bagi syiar Islam yang telah memberi peranan yang sangat penting, tidak hanya bergerak dalam bidang dakwah dan sosial namun juga berperan langsung dalam membangun generasi muda yang memiliki mental dan spiritual yang handal terutama moralitas dan keimanan” Jelas Pj. Bupati Bone A. Islamuddin. 
Sementara itu, Prof. Nasaruddin Umar mengatakan, kita ingin mengangkat pondok pesantren di mata dunia. telah hadir santri-santri dari Al-Ikhlas yang memiliki prestasi internasional. Ada ke Korea Selatan, Malaysia, hingga grup keseniannya pernah ke Istambul dan di Ankara Turki. 
“Kita liat MC yang telah membawakan tiga bahasa, Sudah mampu go publik. tidak ada rasa canggung dari mereka. Satu yang tidak bisa ditiru pondok pesantren lain. yakni, setiap satu kamar santri ada pembina satu orang juga ikut mondok disitu” Kata Prof. Nasaruddin. 
Dikatakannya lagi, Gurunya juga mondok disini. Hampir semua guru hidup bersama dengan santrinya di lokasi pondok pesantren. jadi jelas pembinaan untuk santri lebih intens dan lebih dekat dengan santri. 
“Tidak ada mata pelajaran yang di anak tirikan dsini. pun, di sandingkan dengan ilmu agama. Tidak perlu kita membanggakan anak yang hanya juara ilmu fisika/matematika.tetapi, tidak dibekali dengan ilmu agama” sambung imam besar Masjid Istiqlal itu. 
“Al-Ikhlas Siap membantu program gubernur dan bupati, Terima kasih kepada orang tua santri yang telah mempercayakan anak-anaknya kepada kita. menyaksikan anak kita berprestasi itu adalah kebahagiaan yang hakiki” Ungkapnya. 
Pada kesempatan tersebut, Pj. Gubernur Sul-Sel, Bersama Prof. Nasaruddin Umar serta Pj. Bupati Bone melakukan penanaman bibit pisang dan sukun di area Ponpes Al-Ikhlas Ujung Bone.(*) 
Baca Juga:  Geger, Sosok Penemuan Mayat Perempuan Ditemukan di Selokan