BONEKU.COM.WAJO,– Dalam upaya mencegah terjadinya banjir dan meningkatkan ketersediaan oksigen bagi kelangsungan hidup manusia, Personel Koramil 1406-08/Sabbangparu Kodim 1406/Wajo, di bawah pimpinan Letda Inf Muhammad Nawir, melaksanakan kegiatan penanaman pohon. Kegiatan ini dilaksanakan dengan penuh semangat di Lingkungan Pammera Kelurahan Walennae, Kecamatan Sabbangparu, Kabupaten Wajo, pada Hari Jumat, 5 Januari 2024.

Turut hadir dalam kegiatan ini Letda Inf Nawir Ws, Danramil 1406-08/Sabbangparu, bersama dengan 14 anggota Koramil. Juga turut hadir Andi Hasanuddin S. Sos, Lurah Walennae, beserta 15 warga masyarakat. Bocing Jafar, seorang tokoh masyarakat di Kelurahan Walennae, ikut serta dalam kegiatan ini, bersama dengan Darwis, pemilik kebun yang mendukung inisiatif positif ini.

Kegiatan penanaman pohon ini bukan hanya sekedar upaya menjaga lingkungan, tetapi juga bagian dari strategi antisipasi terhadap potensi banjir di wilayah Sabbangparu. Dengan peningkatan jumlah vegetasi di sekitar lingkungan Pammera, diharapkan dapat menyerap air hujan lebih efisien dan mengurangi risiko banjir yang mungkin terjadi.

Baca Juga:  Peletakan Batu Pertama Masjid Al Mulk Di Hadiri Forkopimda...

Letda Inf Muhammad Nawir menyampaikan pentingnya kerjasama antara aparat militer, pemerintah daerah, dan masyarakat dalam menjaga keberlanjutan lingkungan. “Kegiatan ini tidak hanya menjadi tanggung jawab Koramil saja, tetapi melibatkan seluruh elemen masyarakat. Dengan bersama-sama, kita dapat menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan berkelanjutan,” ujar Letda Inf Nawir.

Selain manfaat untuk pencegahan banjir, penanaman pohon juga diarahkan untuk meningkatkan produksi oksigen di wilayah tersebut. Walau terkadang dianggap sebagai hal sederhana, penanaman pohon memiliki dampak positif yang signifikan terhadap kualitas udara dan kesehatan manusia.

Baca Juga:  Partai Gerindra Raih Satu Kursi di Dapil I Kecamatan Tempe Kabupaten Wajo.

Andi Hasanuddin S. Sos, Lurah Walennae, menyampaikan apresiasinya terhadap inisiatif Koramil dan masyarakat dalam menjalankan kegiatan ini. “Kerjasama seperti ini perlu kita tingkatkan demi keberlanjutan lingkungan dan kesejahteraan bersama. Dengan penanaman pohon, kita tidak hanya melindungi lingkungan, tetapi juga memberikan kontribusi positif bagi kehidupan kita sendiri,” kata Andi Hasanuddin.

Bocing Jafar, tokoh masyarakat yang turut serta dalam kegiatan ini, mengajak seluruh warga untuk lebih peduli terhadap lingkungan sekitar. “Penanaman pohon adalah investasi untuk masa depan. Kita semua akan merasakan manfaatnya dalam waktu yang tidak terlalu lama. Oleh karena itu, mari kita dukung dan ikut serta dalam upaya pelestarian lingkungan ini,” tandasnya.

Baca Juga:  Izman Peduli Penyandang Disabilitas

Darwis, pemilik kebun yang memberikan dukungan dan lahan untuk penanaman pohon, berharap bahwa kegiatan semacam ini dapat menjadi contoh bagi wilayah lain. “Saya senang bisa berkontribusi dalam kegiatan positif ini. Semoga ini menjadi awal dari gerakan yang lebih besar dalam pelestarian alam dan lingkungan hidup,” ucap Darwis.

Kegiatan penanaman pohon di Sabbangparu menjadi bukti nyata bahwa kolaborasi antara aparat militer, pemerintah daerah, dan masyarakat dapat menghasilkan dampak positif bagi lingkungan dan kehidupan sehari-hari. Melalui tindakan nyata seperti ini, diharapkan dapat memberikan inspirasi dan dorongan untuk kegiatan serupa di seluruh Indonesia.