JAKARTA,BONEKU.COM,–  Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian melantik dan mengambil sumpah jabatan terhadap 5 Penjabat Gubernur di Indonesia, Jumat 17 Mei 2024.

Kelima Penjabat Gubernur tersebut diketahui Sekretaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNNP) Prof. Zudan Arif Fakhrulloh menjabat sebagai Pj Gubernur Sulsel menggantikan Bahtiar Baharuddin.

Pejabat kedua yakni Bahtiar Baharuddin yang dilantik sebagai Pj. Gubenur Sulbar, Pejabat Ketiga yakni Rudy Salahuddin yang dilantik sebagai Pj Gubernur Gorontalo, Selanjutnya Samsuddin A. Kadir yang dilantik sebagai Pj Gubernur Maluku Utara, dan yang terakhir Sekda Banten Al Muktabar sebagai Pj. Gubernur Banten.

Baca Juga:  Astaga... Waria Ini Ditikam Pelanggannya di Salon

Dalam Pelantikan ke 5 Pj Gubernur tersebut Tito Karnavian dalam sambutannya mengatakan bahwa pelantikan PJ Gubernur ini untuk mengisi kekosongan dengan adanya amanat undang-undang tentang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang beberapa bulan lagi dilaksanakan.

“Rekan-rekan yang dilantik saya ucapkan selamat karena diberikan amanah oleh bapak presiden, Karena keputusan ini ditandatangani langsung oleh bapak Presiden dan kemudian kita ini percaya bahwa ini amanah dari Allah SWT,”  Ucap Tito

Baca Juga:  120 rumah Warga di Bone mendapatkan Bantuan

Selain itu dia meminta kepada 5 Pj Gubernur yang baru saja dilantik agar fokus bisa memajukan dan memahami kondisi di wilayah masing-masing, selain itu juga diminta membuat kebijakan yang tepat bagi sasaran masyarakat setempat,” Tambahnya

Tito juga berharap kepada pejabat yang berasal dari Kemendagri agar memperkaya pengalaman di daerah, sehingga ke depan dapat lebih baik dalam menjalankan fungsi pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan daerah yang melekat pada Kemendagri.

Baca Juga:  Dialog Interaktif Kopi Pemilu Boneku.com, Hadirkan Masing-Masing TKD Pilpres

“Pejabat-pejabat dari Kemendagri ini (perlu) memiliki pengalaman di daerah. Dengan makin banyak pengalaman di daerah maka akan memahami daerah dan kemudian setelah itu bisa membuat kebijakan yang tepat,” ujarnya.

Mantan kapolri ini juga menitip pesan kepada pejabat yang baru dilantik agar mampu meningkatkan perekonomian di daerah masing-masing dan menjalankan program-program unggulannya. (*)