BONE,BONEKU.COM,– Pj Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin yang didampingi oleh Pj Bupati Bone Andi Islamuddin melakukan pemantauan pelayanan Inseminasi Buatan (IB) di Kelurahan Biru Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone, Selasa 23/1/2024.

Dalam kesempatan tersebut, Bahtiar Baharuddin memantau langsung kondisi sapi hasil inseminasi buatan, termasuk mengecek kesiapan pakannya ke depan.

Pj. Gubernur Sulsel juga menyerahkan piagam penghargaan kepada Pj. Bupati Bone atas kerjasamanya dan dukungan terhadap pengendalian penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dan menjadi Kabupaten dengan capaian tertinggi vaksinasi terbaik pertama di Sulawesi Selatan tahun 2023.

Baca Juga:  Begini Sidang Pra Nikah Personel Yon C Pelopor di Era Adaptasi Kebiasaan Baru

Sementara menurut Dokter Hewan Agusriadi pada kesempatan ini Pj Gubernur juga memberikan bantuan obat-obatan sekaligus melaksanakan inseminasi buatan serta pelayanan pemberian vitamin dan obat cacing ternak sapi kepada warga yang hadir.

“Ini juga merupakan suatu kesyukuran kita bisa meraih penghargaan dalam mengendalikan PMK di Bone dan capaian vaksinasi terbaik pertama di Sulsel, semoga ini menjadi motivasi kami untuk lebih baik lagi ke depan,” Ujar Drh. Agusriadi.

Baca Juga:  HUT Korpri ke-49, Korpri Bone Bakti Sosial Penyerahan APD ke Masyarakat

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Provinsi Sulawesi Selatan Nurlina Saking yang diwawancarai mengatakan bahwa ini menjadi program prioritas bapak Pj Gubernur untuk membuntingkan 150 ribu ekor sapi di Sulawesi Selatan dengan cara Inseminasi Buatan (IB).

“Jadi kita mulai dari Bone untuk mencanangkan dan segera bisa mengawinkan ternak sapi menggunakan kawin suntik atau semen beku yang diproduksi oleh kepala UPT Layanan inseminasi buatan dan produksi semen beku,” Kata Nurlina

Baca Juga:  Maju Jadi Caleg, Panggilan Nurani Izman Padjalangi...

Lebih jauh dia mengatakan bahwa produksi semen beku ini akan digratiskan untuk masyarakat Sulawesi Selatan dan itu dimulai dari Bone.

“Bone yang pertama untuk di Sulsel, karena kesiapan teman-teman di Bone juga sudah siap, dan semoga kedepan dalam waktu yang tidak terlalu lama target itu bisa segera tercapai yakni 150 ribu sapi yang dikawinkan melalui IB,” Tutupnya (*)