BONE,BONEKU.COM,– Hari pertama bulan suci Ramadhan 1445 H, Anggota DPR RI dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) DR. H. Muh Aras, (Aji Aras) melaksanakan sosialisasi 4 Pilar di Desa Mallari Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone Sulawesi Selatan, Selasa 12/3/2024.

Dalam sambutannya Aji Aras mengatakan 4 pilar yang dimaksud adalah, Pancasila, Undang-undang dasar 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

“4 Pilar inilah yang menjadi pedoman kita yang harus kita aplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara sehingga kita bisa hidup rukun meski banyak perbedaan diantara kita,” kata Muhammad Aras

Anggota Komisi V DPR RI Fraksi PPP ini mengatakan bahwa nilai-nilai dalam 4 pilar ini terbukti selama ini mampu  menjaga eksistensi bangsa kita, untuk itu dia mengajak masyarakat untuk memahami dan menjalankan empat pilar ini dalam kehidupan sehari-hari, terutama di lingkungan keluarga masing-masing.

Baca Juga:  Pertama Di Indonesia, RKBB Launching Museum Virtual Di Bone

“4 Pilar ini harus kita tanamkan ke diri kita masing-masing agar kita bisa menjadi manusia yang bermanfaat dan dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat, bangsa dan negara,” Tambahnya

Saat melaksanakan Sosialisasi di Desa Mallari, Muhammad Aras didampingi oleh tim salah satunya adalah DR. Awaluddin, S.Sos., M.Si, yang juga merupakan dosen pasca sarjana di Universitas Cahaya Prima Bone.

Baca Juga:  RKBB Gelar Kegiatan Sosialisasi Budaya Go To School

Dalam arahannya DR. Awal mengatakan bahwa sosialisasi 4 pilar yang dilakukan oleh Aji Aras ini sangat tepat momennya karena baru saja kita melewati pesta demokrasi, untuk itu perlu diluruskan karena mungkin dalam 1 bulan terakhir ini kita dipertemukan dengan situasi-situasi yang membahayakan alat itu padahal tujuannya  untuk mempersatukan kita.

“Salah satu contoh misalnya tentang pemilu yang baru-baru ini kita laksanakan, mungkin kita semua berbeda pilihan, namun perbedaan itu tidak boleh berkelanjutan, karena sebenarnya tujuan kita  semua sama, bagaimana memilih pemimpin atau perwakilan yang bisa memperjuangkan keinginan masyarakat banyak,” Kata DR. Awal

Baca Juga:  Logistik Pemilu Mulai Didistribusikan Untuk Tahap Pertama

Untuk itulah bagaimana pentingnya kita memahami 4 pilar ini sebagai dasar dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara, sikap toleransi itu harus kita tanamkan, Berbeda pendapat, berbeda agama, berbeda suku berbeda kebudayaan, kita diharapkan dapat hidup berdampingan dan saling mendukung satu sama lain.

Sosialisasi 4 Pilar tersebut, dihadiri oleh Pemerintah Desa, Tokoh masyarakat, Ibu-ibu majelis taklim dan sejumlah masyarakat Desa Mallari Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone. Di akhir acara H. Muh. Aras terlihat memberikan bantuan berupa fasilitas untuk masjid kepada pengurus masjid yang disaksikan langsung kepala Desa Mallari. (*)