BONE,BONEKU.COM—Kadis Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan(TPHP) Kabupaten Bone H. Andi Asman Sulaiman melaksanakan panen perdana Cabai Besar di lokasi Poktan Tumbae II, Kelurahan Tokaseng, Kecamatan Tellu Siattinge, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

Pada momentum tersebut, Andi Asman Sulaiman mengajak Ibu Rumah Tangga untuk memanfaatkan semua pekarangan rumah atau lahan kosong untuk menanami tanaman hortikultura. sehingga lahan kosong bisa menjadi produktif.

Baca Juga:  Berawal dari Knalpot Brong, 4 pelaku Narkoba Ditangkap

“Jangan ada orang di kampung masih beli cabai dan kebutuhan rumah tangga lainnya, maka kita inisiatif untuk menanam di lokasi pemukiman, jangan hanya satu jenis tanaman saja, tetapi jagung, ada cabai, dan lainnya” Kata Andi Asman Sulaiman, Rabu (29/5/2024).

Adik Menteri Pertanian itu pun menambahkan bahwa, panen perdana cabai besar ini dilakukan jelang Idul Adha tahun 2024. merupakan momentum yang baik mengingat jelang hari raya harga cabai sangat mahal.

Baca Juga:  TPS Yang Akan PSU di Bone Bertambah 1, Total 3 TPS

“Ini sangat bagus karena kita panen cabai besar sebelum lebaran, cabe ini sangat mahal jelang lebaran. Dan kita sudah antisipasi dengan menanam cabai besar”.

“Cabai ini naik harganya jelang lebaran, Ini sebenarnya pekerjaan perempuan, biasa ini menentukan untuk membantu ekonomi rumah tangga,” tukasnya.

Hadir pula Direktur Polbangtan Kabupaten Gowa Kementerian Pertanian RI Dr. Detia Tri Yunandar, SP., serta kelompok tani kecamatan Tellu Siattinge.

Baca Juga:  Sejumlah Pohon Tumbang Diterjang Angin Kencang

“Bone sangat potensi dikembangkan komoditas pertanian, termasuk cabai besar yang sangat potensi dan mempunyai nilai plus,” kata Detia.

“Apalagi setelah adanya Ibu Kota Negara, IKN, Bone jadi penyanggah dengan mensuplai kebutuhan di IKN di Kaltara,” tambahnya.(*)