BONEKU.COM.BONE,– Guna Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat (PILM) untuk mewujudkan kecerdasan masyarakat dan khususnya generasi pemuda, Perpustakaan sangat berperan penting, Ilmu pengetahuan, hiburan, rekreasi dan ibadah yang merupakan kebutuhan hakiki manusia dapat diperoleh di perpustakaan.

Dan saat ini telah hadir perpustakaan modern yang dibangun oleh Pemerintah Desa Bacu Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone, sebagai tempat untuk mengakses informasi dalam format apapun, apakah informasi itu disimpan dalam gedung perpustakaan tersebut ataupun tidak.

Baca Juga:  Optimalisasi Peran Admin Portal Kecamatan, Diskominfo Bone Gelar Bimtek

Dalam perpustakaan modern ini, selain kumpulan buku tercetak, sebagian buku dan koleksinya juga ada dalam perpustakaan digital (dalam bentuk data yang bisa diakses lewat jaringan komputer).

Kehadiran perpustakaan di Desa Bacu Kecamatan Barebbo itu menarik perhatian Kapolsek Barebbo Iptu Dodie Ramaputra. Perpustakaan yang dibangun tepat di sudut persimpangan jalan, perpustakaan ini tampil sederhana namun tetap elok dan menarik menyerupai rumah panggung dan memiliki taman yang dihiasi dengan tenda – tenda payung di halaman, dan dilengkapi kursi–kursi tempat duduk untuk membaca.

Baca Juga:  Hati-hati Lewat Jalan Ini Banyak Jalan Berlubang

Tak hanya sampai di situ, perpustakaan yang dinamakan “Pojok Taman Baca” ini selain memiliki sebanyak 1.200 koleksi buku juga dilengkapi Pojok Baca Digital (Pocadi) dengan beberapa perangkat keras untuk membaca yakni 5 unit Tab, 4 unit Komputer dan 1 unit Tv

Iptu Dodie menerangkan kehadiran Pocadi tentu menjadi terobosan yang dapat menggerakkan dan menumbuhkembangkan minat baca pada masyarakat.

Baca Juga:  1 Ball Sabu Diamankan Polisi Dari Tangan Pemuda 24 Tahun

Selain itu hal ini juga menggiring masyarakat untuk cenderung melaksanakan kegiatan–kegiatan positif, sehingga situasi kamtibmas masyarakat sekitar juga dipastikan semakin kondusif.

“Semoga Pocadi ini juga mampu mengalihkan kebiasaan anak bermain gadget yang menjadi trend saat ini seperti judi online ataupun game online secara berlebihan” harap Dodie

Pojok Taman Baca dibangun oleh Pemerintah Desa Bacu serta dilengkapi Pojok Baca Digital yang merupakan bantuan dari Perpustakaan Nasional.