BONE,BONEKU.COM,– Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Tapi Kabupaten Bone menggelar Deklarasi Pemilu Damai, Anti Hoax, Anti Provokasi dalam rangka Pilpres dan Pemilu 2024.

Deklarasi Pemilu Damai tersebut berlangsung di salah satu Cafe di Kota Watampone, Sulawesi Selatan, Rabu (17/1/2024).

Wahyudi selaku Ketua BEM STIP YAPI Bone dalam deklarasinya  menyampaikan Pemilu merupakan proses pembelajaran dalam rangka pendewasaan bangsa dan momentum ujian bagi seluruh elemen bangsa, mengenai seberapa jauh nilai-nilai demokrasi telah menjadi bagian dari jati diri bangsa Indonesia.

Baca Juga:  KPMI Gandeng Disabilitas Gelar Aksi Merdeka

“Nilai-nilai demokrasi yang terkandung didalamnya yakni menyelesaikan pertikaian secara damai dan sukarela, terjadinya perubahan secara damai, pergantian kepemimpinan dengan teratur, adanya pengakuan terhadap nilai keanekaragaman, adanya pengakuan dan jaminan atas tegaknya keadilan, serta ilmu pengetahuan yang maju,” Kata Wahyudi

Selain itu Pemilu Damai adalah sebuah kerja besar yang membutuhkan partisipasi dari seluruh elemen bangsa, terutama kita sebagai mahasiswa mulai dari tataran individu maupun kelompok, telah senantiasa berkomitmen untuk menjaga kondusifitas dan keamanan selama Pemilu berlangsung.

Baca Juga:  Aliansi Masyarakat Bone Demo KPU, Ini Tuntutannya.

Wahyudi juga mengajak teman-teman BEM STIP Yapi Bone untuk berikrar,

1. Menjaga keutuhan negara kesatuan republik Indonesia, yang berdasarkan Pancasila dan undang-undang dasar 1945

2. Turut memastikan bahwa Pemilu Damai tidak semata-mata dimaknai sebagai slogan, melainkan sebagai ikhtiar untuk menciptakan kondusifitas selama seluruh rangkaian tahapan Pemilu berlangsung terutama di Kabupaten Bone kita tercinta ini.

3. Mengajak seluruh teman-teman, untuk senantiasa selalu menjaga kedamaian selama Pemilu, karena menjaga kedamaian adalah tanggungjawab bersama seluruh elemen bangsa terutama kita sebagai mahasiswa, tanpa terkecuali.

Baca Juga:  Status PPK,PPS dan KPPS, Masih Berlanjut di Pilkada ?

4. Turut memastikan bahwa seluruh unsur yang terlibat dalam kegiatan kampanye politik dapat menjalankan perannya dengan tanpa mencederai harga diri dan martabat setiap pihak, termasuk orang yang berbeda dukungan.

Deklarasi Pemilu Damai tersebut ditutup dengan Penandatanganan spanduk deklarasi oleh Pengurus BEM STIP Yapi Bone sebagai bentuk pernyataan kesiapan bersama dalam menjaga situasi keamanan Kab. Bone yang kondusif saat masa tahapan pemilu 2024. (*)