BONE,BONEKU.COM,– Liburan Lebaran Idul Fitri adalah waktu yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga dan menikmati momen berharga bersama. Jika Anda berencana menghabiskan liburan di Kabupaten Bone, berikut adalah beberapa tempat wisata yang cocok dikunjungi bersama keluarga.

  • Tanjung Pallette

Tanjung Pallette terletak di Kelurahan Pallette, Kecamatan Tanete Riattang Timur, Kabupaten Bone, Provinsi Sulawesi Selatan. Jarak dari kota Watampone ke Tanjung Pallette sekitar 13 kilo meter dengan jarak tempuh sekitar 25 menit.

Wisata Tanjung Pallette memiliki pemandangan yang eksotis dengan keberagaman alam, Daerah ini juga menawarkan pemandangan laut yang indah dan jernih, selain itu tanjung palletter juga sudah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas, termasuk Villa, Waterpark dan cafe cafe untuk memanjakan para pengunjung khususnya untuk rombongan keluarga.

Tanjung yang berhadapan langsung dengan teluk Bone tersebut, telah tertata rapi dilengkapi dengan panorama alam yang memukau. Tak seperti pantai pada umumnya yang menawarkan keindahan pasir putih. Namun tempat wisata ini memiliki khas tersendiri. Tumbuhan rindang diatas bukit karang serta tebing yang dihiasi akar pohon, memberikan suatu nuansa yang berbeda. Pemandangan deburan ombak yang menghantam bukit karang yang terjal, seakan menghilangkan rasa penat Anda setelah beraktifitas selama satu pekan.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati aktivitas nelayan, petani rumput laut bahkan dari tempat ini Anda bisa melihat dari jauh Pelabuhan Bajoe yang panjangnya 3 (tiga) km menjorok ke laut. Kawasan wisata ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas, antara lain dermaga, kolam renang, penginapan, lapangan tenis, area memancing dan rumah makan. Kolam renang yang berukuran cukup luas terletak atas bukit dengan pemandangan langsung mengarah ke laut. Anda bisa berenang atau bermain air sepuasnya sambil menikmati pemandangan laut yang ada di depan.

Ada pula dermaga dan gazebo yang memungkinkan Anda untuk sekadar duduk menikmati pemandangan bukit karang dan hembusan angin laut. Untuk menuju dermaga Anda hanya perlu menuruni tangga batu setinggi kira-kira lima meter. Sementara gazebo terletak di atas bukit, menyaksikan matahari yang terbenam, sungguh pemandangan yang luar biasa. Tempat ini selalu ramai dikunjungi, terutama pada akhir pekan dan hari libur.

  • Pantai Tete (Pasir Putih)

Pantai Tete (Pasir Putih) terletak di Desa Bone Pute Kecamatan Tonra Kabupaten Bone yang berjarak sekitar 60km dari pusat kota Watampone. Pantai Tete dikenal memiliki pemandangan yang menakjubkan. Baik di hari biasa atau liburan, pantai berpasir putih ini tak pernah kehilangan wisatawan baik itu wisatawan lokal maupun wisatawan luar.

Baca Juga:  Terlibat Aksi Balap Liar, Belasan Motor Dibawa ke Polres Bone

Pantai Tete dinobatkan sebagai salah satu pantai terunik di Kabupaten Bone. Pesona pantai pasir putih ini semakin sempurna saat air laut mulai surut. Seketika saja, perairan Pantai Tete berubah menjadi lahan lapang beralas pasir putih. Salah satu yang menarik, ketika air surut terlihat sebuah jalan setapak selebar 3-5 meter sepanjang 1 km terbuka menghubungkan bibir pantai dengan pulau tak berpenghuni di Timur Pantai Tete.

Berlibur dengan keluarga di momen pasca hari raya idul fitri ke pantai Tete adalah solusi yang sangat tepat apalagi dengan membawa si buah hati untuk menikmati air laut yang cukup dangkal dan ditemani oleh ombak yang sedang. Untuk tarif masuk ke Pantai tete juga terbilang sangat murah, untuk pengendara roda 2 itu hanya dikenakan tarif Rp. 10.000, sementara untuk rombongan keluarga dengan menggunakan kendaraan roda 4 hanya Rp. 25.000 dan sudah bisa menikmati keindahan panorama laut yang sangat indah.

  • Hutan Pinus Bulu Tanah

Hutan Pinus Bulu Tanah kini juga telah menjadi salah satu destinasi populer bagi para pecinta aktivitas outdoor untuk meluangkan waktu berlibur mereka. Dengan luas puluhan hektar, selain itu hutan pinus ini juga menawarkan suasana yang sangat sejuk dan penuh ketenangan.

Hutan Pinus Bulu Tanah terkenal dengan pemandangan yang menakjubkan dan udara segar yang menghembuskan semangat baru. Dikelilingi oleh pepohonan pinus yang menjulang tinggi, hutan ini menciptakan suasana yang tenang dan damai. Anda dapat berjalan-jalan di antara pepohonan yang rindang, menikmati keheningan alam, atau sekadar duduk santai sambil menikmati pemandangan yang menakjubkan.

Selain itu, hutan pinus ini juga menawarkan berbagai fasilitas dan aktivitas yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Anda dapat melakukan piknik keluarga di area yang telah disediakan, bermain di taman bermain anak-anak, atau bahkan mengadakan sesi foto di spot-spot yang indah di sekitar hutan.

Hutan Pinus Bulu Tanah juga menjadi tempat yang populer untuk berkemah. Anda dapat mendirikan tenda di area perkemahan yang telah disediakan dan menikmati malam yang menyenangkan di bawah bintang-bintang dengan suara alam yang menenangkan.

  • Tanjung Pero (Tonra)

Tanjung Pero, sebuah permata tersembunyi di Desa ujung Kecamatan Tonra, Kabupaten Bone, telah menjadi tempat wisata baru yang populer bagi keluarga. Tempat wisata ini berjarak sekitar 60 kilometer dari Kota Watampone.

Baca Juga:  Jelang Ramadan, Pj Bupati Bone Pantau Harga di Pasar Tradisional 

Tanjung Pero menawarkan wisata alam pantai yang menawan dan telah menjadi tujuan wisata yang ramai dikunjungi pasca Idul Fitri. Dengan lokasi yang strategis dan akses yang mudah, tempat wisata ini telah menarik banyak pengunjung yang ingin menikmati keindahan alamnya.

Setelah melewati masa lebaran Idul Fitri, tempat wisata Tanjung Pero di Kecamatan Tonra, Kabupaten Bone, menjadi tujuan favorit bagi wisatawan yang ingin menikmati liburan pasca lebaran. Keindahan alam dan suasana yang menenangkan menjadikan Tanjung Pero sebagai tempat yang sempurna untuk bersantai dan melepas penat setelah perayaan Idul Fitri.

Pantai Tanjung Pero, dengan pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih, menawarkan pemandangan yang memukau. Setelah berpuasa selama sebulan, banyak orang memilih untuk mengunjungi pantai ini untuk bersantai, bermain air, atau sekedar menikmati keindahan matahari terbenam yang spektakuler., apalagi saat ini sudah disediakan gazebo sepanjang bibir pantai untuk keluarga yang ingin bersantai.

  • Bendungan Salomekko

Kabupaten Bone, di Provinsi Sulawesi Selatan, memiliki daya tarik wisata alam yang memukau, salah satunya adalah Bendungan Salomekko. Terletak di Kecamatan Salomekko, bendungan ini bukan hanya sebagai sumber air bagi masyarakat sekitar, tetapi juga sebagai destinasi wisata yang menarik.

Bendungan Salomekko menawarkan pemandangan yang indah dengan latar belakang perbukitan hijau yang memukau. Air yang tenang dan jernih di sekitar bendungan menciptakan suasana yang menenangkan dan menyejukkan. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam sambil bersantai di tepi bendungan atau berjalan-jalan di sekitar area yang luas.

Selain menikmati pemandangan yang menakjubkan, pengunjung juga dapat melakukan berbagai aktivitas di Bendungan Salomekko. Anda dapat mencoba memancing di area yang telah disediakan atau menyewa perahu untuk menjelajahi danau yang terbentuk akibat bendungan ini. Aktivitas ini akan memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi pecinta alam dan penggemar olahraga air.

Bendungan Salomekko juga menjadi tempat yang populer untuk piknik keluarga atau berkumpul bersama teman-teman. Area sekitar bendungan dilengkapi dengan fasilitas seperti gazebo, taman bermain anak-anak, dan area piknik yang nyaman. Anda dapat membawa bekal dan menikmati waktu berkualitas bersama orang terkasih di tengah keindahan alam yang menawan.

Bagi pecinta fotografi, Bendungan Salomekko juga merupakan tempat yang ideal untuk mengabadikan momen indah. Pemandangan alami, air yang mengalir, dan latar belakang perbukitan akan memberikan hasil foto yang menakjubkan.

Baca Juga:  Tiga Pelajar di Bone Nyaris Tewas Tenggelam

Bendungan Salomekko adalah destinasi wisata yang menawan di Kabupaten Bone. Dengan keindahan alamnya yang memukau dan berbagai aktivitas yang dapat dilakukan, tempat ini cocok untuk dikunjungi oleh wisatawan yang mencari kedamaian dan keindahan alam.

  • Pantai Togeo (Tonra)

Selain Pantai Tete dan Tanjung Pero desinasi wisata yang terletak di Kecamatan Tonra Kabupaten Bone, juga ada Pantai Togeo yang merupakan salah satu destinasi wisata alam yang menakjubkan, pantai ini menawarkan keindahan alam yang memukau dan suasana yang menenangkan.

Pantai Togeo terkenal dengan pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Pemandangan pantai yang luas dan indah menjadikan tempat ini sebagai destinasi yang populer untuk menikmati keindahan alam dan bersantai di tepi pantai.

Saat mengunjungi Pantai Togeo, pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas seperti berjemur di bawah sinar matahari, bermain air, atau sekadar berjalan-jalan di sepanjang pantai yang panjang. Air laut yang tenang dan dangkal di pantai ini juga cocok untuk berenang atau bermain bersama keluarga.

Pantai Togeo juga menawarkan pemandangan matahari terbenam yang memukau. Matahari yang perlahan tenggelam di cakrawala, menciptakan panorama yang indah dan romantis. Moment ini menjadi momen yang sempurna untuk mengabadikan foto-foto indah atau sekadar menikmati keindahan alam.

Selain menikmati keindahan pantai, pengunjung juga dapat menjelajahi kehidupan bawah laut dengan snorkeling atau menyelam. Terumbu karang yang indah dan keanekaragaman hayati laut yang menakjubkan menjadikan Pantai Togeo sebagai tempat yang ideal untuk mengeksplorasi kehidupan laut.

Bagi pecinta kuliner, di sekitar Pantai Togeo terdapat warung-warung makanan laut yang menyajikan hidangan segar dan lezat. Anda dapat menikmati hidangan khas Bone seperti ikan bakar, kepiting saus padang, atau udang goreng sambal.

Pantai Togeo di Kecamatan Tonra, Kabupaten Bone, adalah destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Dengan keindahan alamnya yang memukau, berbagai aktivitas yang dapat dilakukan, dan kuliner lezat yang ditawarkan, tempat ini cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman-teman.

Nah…. untuk kalian yang ingin mencari tempat wisata bersama keluarga di Kabupaten Bone sambil menikmati sisa liburan pasca lebaran Idul Fitri, kalian tinggal pilih beberapa lokasi diatas yang sesuai dengan keinginan anda dan yang cocok dengan keluarga. (*)