BONE,BONEKU.COM,– Menanggapi tindak kecurangan proses pemilu 2024 oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bone Yusran Tajudding, Anggota DPR RI Daerah pemilihan Sulawesi Selatan II, Andi Akmal Pasluddin menyatakan kritik dan keprihatinan yang mendalam terhadap kondisi penyelenggara Pemilu di Kabupaten Bone. Dalam pernyataan resminya ia mengungkapkan kekecewaannya atas dugaan kecurangan yang terjadi, yang mencederai semangat demokrasi dan keadilan dalam pemilu.

“Kita tidak bisa tinggal diam melihat dugaan kecurangan yang terjadi di Kabupaten Bone. Ini adalah masalah serius yang harus segera ditangani dengan tegas dan transparan,” ujar Politisi PKS ini pada berbagai forum pertemuan masyarakat dengan dirinya. Minggu 2 Juni 2024.

Politis Asal Bone ini mengharapkan pihak Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) melakukan investigasi mendalam atas dugaan kecurangan ketua KPU Bone yang saat ini memanas atas beredarnya beberapa bukti Chat, rekaman suara hingga rekaman video untuk memenangkan salahsatu Calon.

Baca Juga:  Bawaslu Identifikasi Sejumlah Temuan di Tahapan Coklit Pemilih

“Kita perlu melakukan investigasi yang teliti dan detail agar semua pihak bisa memahami kondisi sebenarnya dan menemukan solusi yang tepat, saya juga menyerukan kepada pihak berwenang untuk segera mengambil langkah-langkah yang diperlukan guna menjaga kepercayaan publik terhadap proses pemilu,” Tambahnya.

Setelah aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh Aliansi Masyarakat Bone Menggugat di empat titik di Kota Watampone yang menuntut Ketua KPU Bone Yusran dicopot dari jabatannya dan berujung penyegelan Kantor KPU Bone.

Baca Juga:  Basarnas Evakuasi 15 Korban Kapal Mati Mesin di Perairan Teluk Bone

“Kita harus memastikan bahwa penyelenggara pemilu benar-benar bekerja sesuai dengan prinsip keadilan dan transparansi,” tegasnya

Selain itu, Andi Akmal Pasluddin juga mengajak semua pihak untuk tetap tenang dan tidak terprovokasi oleh situasi yang berkembang.

“Saya mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menjaga ketertiban dan tidak terpengaruh oleh isu-isu yang dapat memperkeruh suasana,” kata Anggota Badan Anggaran ini.

Andi Akmal juga mengingatkan bahwa penyelenggaraan pemilu yang jujur dan adil adalah fondasi dari demokrasi yang sehat.

“Kita harus bekerja bersama untuk memastikan bahwa pemilu 2024 berjalan dengan baik dan menghasilkan pemimpin yang benar-benar mewakili kehendak rakyat,” tambahnya

Baca Juga:  KPU Akan Rekrut 1251 Badan Adhoc di Pilkada Bone 2024

Andi Akmal Pasluddin menyatakan akan terus mengawasi perkembangan situasi ini dan siap memberikan dukungan untuk memastikan penyelesaian yang adil, termasuk akan mendatangi DKPP untuk menyampaikan Aspirasi dan tuntutan Agar Ketua KPU Bone segera diperiksa dengan bukti-bukti pelanggaran Etik yang Ada.

”Saya akan terus memantau perkembangan ini dan siap bekerja sama dengan semua pihak yang berwenang untuk menemukan solusi terbaik, kita semua perlu memahami akan pentingnya menjaga integritas proses demokrasi, mari kita jaga bersama integritas proses pemilu ini, karena masa depan bangsa ada di tangan kita semua,” tutup Andi Akmal Pasluddin. (*)