BONE,BONEKU.COM,– Pemerintah Kabupaten Bone Sulawesi Selatan akan kedatangan Investor asing dari London bernama Prof. Dr. Alexander Melbourne, dia diketahui adalah Owner PT. Global Elements Group sebuah perusahaan besar di bidang pengembangan Sumber Daya Manusia.

Saat melakukan audiens dengan Pemkab Bone melalui Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bone melalui virtual Zoom, Peneliti asal London ini rencananya akan berinvestasi dalam  pengelolaan sampah yang ada di Bone

Menurut Ramlan Roy perwakilan dari PT. Elements Group, mengatakan bahwa pihaknya tertarik untuk mengelola sampah yang berada di Kabupaten Bone dan Wajo karena kondisi sampah di Bone dan Wajo ini kurang lebih mencapai 60 ton perhari yang dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

“jadi kemungkinan besar itu cuma 20 persen yang bisa diolah dan itu akan bertambah terus tuh, jadi kalau tidak dilakukan pengelolaan sampah itu nanti suatu waktu akan bertambah terus dan akan penuh dengan sampah mencapai 40 ton perhari dan akan bertumpuk terus,” Kata Ramlan yang dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu, 17/1/2024.

Baca Juga:  Satu Unit Rumah di Kelurahan Manurungnge di Lalap Api

Oleh karena itu kami menganggap bahwa ada peluang yang bisa di kerjasamakan dengan Pemerintah setempat, Jadi planingnya itu kami akan membangun pabrik pengelolaan sampah, jadi semua sampah yang ada di Bone dan Wajo baik itu sampah basah dan sampah kering akan diolah setiap harinya.

“Sampah kering dan sampah basah itu nantinya akan dipisahkan, jadi yang dianggap merupakan sampah basah akan dikelola menjadi gas, kemudian gas itu nanti yang mereka tampung dan akan digunakan kembali untuk armada pengangkut sampah, jadi truk sampah itu nantinya tidak lagi menggunakan bio namun memakai gas yang di olah tadi,” Tambahnya

Baca Juga:  NH DIMATA FAHSAR...

Dia mengatakan bahwa dalam waktu dekat pihaknya akan langsung berkunjung ke Kabupaten Bone dan Wajo untuk melakukan survei ke lokasi, apalagi saat ini pemerintah setempat sudah memberikan respon yang sangat baik.

Sementara Pemerintah Kabupaten Bone melalui Dinas Lingkungan Hidup menyambut baik adanya investor yang memiliki ide yang cemerlang dalam hal pengelolaan sampah yang tentunya akan berdampak positif bagi masyarakat dan juga lingkungan.

“kami tadi telah melakukan zoom meeting dengan pihak investor dan kami sangat menyambut baik gagasan ini, karena sebenarnya ini memang sudah menjadi planing kita dari dulu namun karena keterbatasan anggaran kita,” kata Andi Habibi Kabid Tata Lingkungan DLH Bone.

Baca Juga:  STIA PRIMA Bone Raih Progress PTS Tertinggi 2020

Lanjut kata Habibi, sesuai dengan petunjuk pak Kadis, bahwa bagaimana kita ini bisa menjemput bola segera bukan menunggu bola.

Sementara Muh. Akbar Pamonroi yang diketahui sebagai fasilitator dalam hal ini mengatakan bahwa dia juga sangat merespon baik, apalagi outputnya membawa dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat Bone khususnya.

“tentu ini menjadi suatu kesyukuran besar bagi kita khususnya masyarakat Kabupaten Bone dan Wajo karena adanya investor yang peduli dengan kondisi sampah di daerah kita, ini akan menjadi terobosan besar nantinya bagi 2 Kabupaten ini, doakan sajalah semoga ini berhasil,” Kata Muh Akbar saat dikonfirmasi.