BONEKU.COM,– Dalam rangkah memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Polisi Pamong Praja ke 74 dan Satuan Perlindungan Masyarakat seluruh Indonesia yang ke 62, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Bone, A. Akbar, S.Pd., M.Pd turut menghadiri kegiatan tersebut yang dilaksanakan di Padang, Sumatera Barat Kegiatan yang dihadiri kurang lebih 3.000 peserta dari seluruh Indonesia ini, mengusung tema “Peran Satpol PP dalam menciptakan Trantibum Linmas Mendukung Pemilu Dan Pilkada 2024.

Peringatan HUT Satpol dan Satlinmas dilaksanakan selama tiga hari yakni dari tanggal 1 -3 Maret 2024, dimana puncak peringatan HUT Satpol diperingati setiap tanggal 3 Maret setiap tahunnya, dimana tahun ini untuk Upacara HUT Satpol dan Satlinmas dilaksanakan di Lapangan istana Gubernur Sumatera Barat.

Pada Upacara HUT Satpol PP yang bertindak sebagai Inspektur adalah Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Jenderal Polisi (Purn.) Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D,.

“Satpol PP memiliki tugas utama dan ujung tombak untuk menegakkan peraturan daerah,” Kata Muhammad Tito Karnavian dalam pidatonya

Baca Juga:  Jelang Putusan PHPU di MK, Brimob Sulsel Ikuti Apel Gelar Pasukan di Polres Yalimo

Tito menegaskan bahwa keberadaan personel satpol PP bersama unsur lainnya sangat penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban, sekaligus melindungi termasuk menegakkan hukum khususnya yang menyangkut peraturan daerah.

Ia menjelaskan bahwa posisi satpol PP berbeda dengan personel Polri. Korps Bhayangkara lebih pada pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) dan membina masyarakat sekaligus menegakkan hukum positif. Sementara itu, satpol PP lebih pada penegakan peraturan daerah.

Dalam amanatnya, mantan Kapolri tersebut mengatakan bahwa satpol PP pada Pemilu 2024 memiliki peran penting dan besar dalam mensukseskan pesta demokrasi 5 tahunan.

“pemilu 2024 yang berjalan lancar tidak lepas dari peran pihak keamanan terutama TNI dan  Polri, termasuk anggota satpol PP yang tersebar di seluruh daerah,” Tambahnya

Sebelum Upacara Puncak Satpol PP ke 74 dan Satlinmas ke 62 Tahun 2024, sebelumnya diadakan dilaksanakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) satpol pp seluruh Indonesia yang dilaksanakan di Padang, 1 – 2 Maret 2024. Pada Rakornas ini dibuka oleh Plh. Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan, Amran di Hotel Truntum Padang bersamaan dengan diperingatinya Hari Ulang Tahun ke 74 Satpol PP dan ke-62 Satlinmas.

Baca Juga:  Bersama Baznas, Pj. Bupati Bone Salurkan Paket Ramadhan Bahagia

“Saya  menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Satpol PP dan Satlinmas yang telah berperan aktif dalam menciptakan ketertiban dan ketentraman umum selama pemilu berlangsung, sehingga baik pemilihan presiden maupun pemilihan legislatif dapat berjalan secara kondusif.”  kata Amran.

Di hadapan Kasatpol PP seluruh Indonesia, Amran menyampaikan bahwa Satpol PP berperan penting dalam mengawal trantibum linmas selama pelaksanaan pemilu dan pilkada, yakni dengan melakukan deteksi dini dan cegah dini terhadap segala potensi gangguan trantibum linmas.

Amran meminta agar seluruh anggota Satpol PP dan Satlinmas untuk meningkatkan profesionalitas dan integritas dalam melaksanakan tugas dan fungsi sesuai dengan kewenangannya, serta meminta seluruh anggota Satpol PP dan Satlinmas untuk turut serta melakukan pengamanan serta antisipatif terhadap potensi gangguan Trantibum pada setiap tahapan Pemilu dan Pilkada Tahun 2024.

Baca Juga:  Catatan Pinggir Bahtiar Parenrengi: Semprotka Ayah dan Pedihnya Kita Berjauhan

Kasatpol PP Kabupaten Bone, Bapak A. Akbar, S.Pd., M.Pd yang turut hadir dalam seluruh rangkaian HUT Satpol PP dan Satlinmas seluruh Indonesia ini,  berharap adanya koordinasi yang semakin solid dengan Satuan Polisi Pamong Praja se-Indonesia, baik sifatnya koordinasi horizontal maupun yang sifatnya Vertikal ke Pusat untuk dapat menunjang seluruh kerja dan kinerja Satuan Polisi Pamong Praja khususnya di Kabupaten Bone dan Satpol PP Provinsi Sulawesi Selatan.

Dengan pelaksanaan Rakornas Satpol PP seluruh Indonesia, maka akan memperkuat silaturahmi dan koordinasi dengan berbagai Satuan Polisi Pamong Praja, dan hal ini akan diharapkan untuk dapat saling menunjang kerjasama dan koordinasi dalam hal pelayanan kepada masyarakat. (*)